Promo Karbon Aktif Calgon FiltraSorb 100 SELAMANYA

Click Me!

Cara Menggunakan Silica Gel untuk Diecast – Ady Gas Jual Silica Gel untuk Diecast

Jika Anda penyuka diecast, maka artikel ini sangat bermanfaat Anda.

Silica gel digunakan oleh para pemilik diecast karena manfaatnya untuk menjaga kondisi udara di sekitar wadah penyimpanan diecast tetap kering.

Bagaimana penjelasannya? Simak artikel di bawah ini.

cara menggunakan silica gel untuk diecast

Apa Itu Mainan Diecast?

Mainan die-cast adalah mainan atau model untuk dikoleksi yang diproses dengan cara metode die casting.

Metode die casting sendiri adalah metode pencetakan dengan cara menuangkan timah atau alloy kepada sebuah cetakan untuk memproduksi bentuk tertentu.

Sebuah mainan bisa terdiri bagian-bagiannya dari logam, plastik, karet, kaca, dan lain-lain.

Merek-merek Mainan Diecast

Diantara merek diecast yang cukup terkenal adalah Hotwheels, Ixo, J-Collection, Tomica, dan Kyosho.

Skala Diecast

Mainan Diecast  bisa berupa sebuah figur, mobil, kereta api, motor, dan berbagai macam-macam. Diecast dibuat dengan skala tertentu dibandingkan produk aslinya, misalnya untuk sebuah diecast model tertentu, tersedia skala 1:87, 1:64, 1:43, 1:32, 1:24, dan 1:18.

Memiliki diecast bisa menjadi hobi yang menyenangkan, namun untuk menyimpan model diecast diperlukan berbagai perhatian.

Mengapa Penting Menyimpan Diecast Pada Temperatur dan Kelembaban Tertentu?

Diantara parameter yang perlu diperhatikan dalam menyimpan diecast adalah temperatur dan kelembaban.

Kondisi temperatur ekstrem dan kelembaban ekstrem adalah ‘musuh utama’ diecast, karena ia dapat merusak material, memudarkan warna, serta masalah lainnya.

Oleh karena itu, pemilik diecast harus menjaga kondisi ruangan penyimpanan dan wadah penyimpanan dalam suhu ruangan dan juga tetap kering.

Fungsi Silica Gel untuk Diecast

Silica gel berperan untuk menjaga kondisi udara di sekitar diecast tetap kering karena ia dapat menyerap kelembaban atau molekul di udara.

Silica gel memiliki pori-pori yang sangat banyak di seluruh permukaan yang memerangkap molekul air hingga 40% dari massa.

Silica gel blue memiliki indikator yaitu ia akan berwarna biru saat masih kering dan berubah warna menjadi merah muda saat sudah jenuh / saturasi.

Bagi Anda yang menyimpan diecast atau untuk kebutuhan pengiriman wajib menggunakan silica gel ini agar model diecast Anda semakin awet.

Cara Regenerasi Silica Gel

Menariknya, silica gel ini saat sudah jenuh dan terisi dengan air, ia bisa diregenerasi sehingga kembali bisa menyerap kelembaban.

Caranya adalah dengan memanaskannya di suhu 110-150 C di dalam oven hingga warna merah muda kembali menjadi biru.

Atau Anda bisa juga mensangrainya dengan cara mengeluarkan terlebih dahulu dari sachet lalu setelah diregenerasi dimasukkan kembali ke dalam sachetnya.

Lalu dimana Tempat Jual Silica Gel untuk Diecast?

Ady Water tempat jual silica gel untuk diecast. Kami punya banyak ukuran sachet silica gel mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram, sehingga mengcover kebutuhan model diecast Anda dalam skala berapapun.

Hubungi Ady Water di 0821 4000 2080

Atau klik icon whatsapp di kiri bawah layar smartphone Anda untuk terhubung dengan whatsapp sales kami.