Promo Karbon Aktif Calgon FiltraSorb 100 SELAMANYA

Click Me!

Apakah Perbedaan Pasir Kuarsa dan Pasir Besi? Ady Water Supplier Pasir Kuarsa

Banyak yang menanyakan apakah perbedaan antara pasir kuarsa dan pasir besi? Pasir kuarsa dan pasir besi memiliki perbedaan yang sangat mendasar.

Keduanya memiliki fungsi yang berbeda dan manfaat yang berbeda. Di artikel ini Anda akan mendapatkan ilmu mengenai apa bedanya pasir kuarsa dan pasir besi.

perbedaan pasir kuarsa dan pasir besi

Apa itu Pasir Besi?

Mari kita bicara dulu terkait pasir besi. Pasir besi merupakan jenis pasir yang mengandung besi (magnetit). Sering dijumpai di sepanjang pantai tampak berkilau dan berwarna hitam, semakin gelap warnanya tanda mengandung mineral besi yang tinggi.

Karena dia mengandung besi, maka Anda bisa menguji nya dengan mendekatkan magnet kepada pasir besi tersebut, karena besi akan tertarik terhadap magnet.

Pasir besi terbentuk karena proses penghancuran oleh cuaca, air permukaan dan gelombang terhadap batuan asal yang mengandung mineral besi kemudian terakumulasi serta tercuci oleh gelombang air laut.

Salah satu aplikasi pasir besi adalah dalam produksi di industri baja.

Apa itu Pasir Kuarsa?

Pasir kuarsa merupakan pasir yang mengandung kadar silika sangat tinggi. Silika atau silikon dioksida (SO2) adalah salah satu mineral yang banyak dipakai dalam industri pembuatan kaca, sebagai abrasif sandblasting, dan juga aplikasi filter air.

Pasir kuarsa memiliki banyak ukuran yang standar industri dengan cara shieving. Shieving adalah proses penyaringan pasir kuarsa sehingga menjadi bijih dengan ukuran yang seragam.

Misalnya mesh 8 – 16, mesh 14 – 20, mesh 20 – 30, mesh 30 up, dan lain-lain.

Perbedaan Pasir Kuarsa dan Pasir Besi

Perbedaan antara pasir kuarsa dan pasir besi adalah, bahwa pasir kuarsa besi mengandung kadar silika (SO2) tinggi, sementara pasir besi mengandung kadar besi tinggi (Fe). Pasir kuarsa digunakan dalam filter air, sementara pasir besi digunakan dalam industri baja.

Itulah secara singkat perbedaan kedua pasir.

Adapun untuk sandblasting, pasir kuarsa digunakan untuk material yang lembut, sementara pasir besi digunakan untuk material yang lebih keras.

Jadi selain perbedaan, ada juga persamaan di aplikasinya, yaitu digunakan untuk sandblasting.

Dimana tempat jual pasir kuarsa?

Jika Anda mencari tempat jual pasir kuarsa, baik untuk kebutuhan rumah tangga atau industri, hubungi saja Ady Water.

Ady Water ready stock pasir kuarsa dengan berbagai ukuran mesh standar industri. Kami sudah kirim pasir kuarsa hampir ke seluruh kota di Indonesia.

Hubungi penyedia pasir kuarsa untuk filter air ADY WATER di nomor 0812 2165 4304

Atau klik icon whatsapp di kiri bawah layar smartphone Anda