Promo Karbon Aktif Calgon FiltraSorb 100 SELAMANYA

Click Me!

PENTING: Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika

PENTING: Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika


Tahukah Anda tahapan-tahapan dalam Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika? Mungkin Anda sering mendengar atau membaca dalam artikel-artikel kami baik di website pasirkuarsa.org, pasirsilika,com, membranro.com, ataupun karbonaktif.org bahwa salah satu fungsi pasir silika yang kami jual dalah membuat cetakan (sand casting) untuk kebutuhan manufaktur.

Bukankah pasir silika ini hanya pasir halus yang mudah sekali dicerai-berai? Bagaimana membentuk pasir silika ini untuk membentuk cetakan dari lelehan logam, padahal lelehan logam ini memiliki temperatur yang sangat tinggi? Mampukah pasir silika ini menahan lelehan tersebut hingga dingin dan mengeras? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah BISA, bahkan dalam suatu sumber disebutkan cetakan dari pasir silika ini termasuk salah satu material yang digunakan hampir 60% di foundries di seluruh dunia.

Ternyata dengan membaca-baca artikel dari ADY WATER, Anda bisa memahami bahwa selain kegunaannya untuk filter air yaitu menghilangkan TDS (Total Dissolved Solid) dan TSS (Total Suspended Solid), untuk menajdi pasir kucing, untuk menjadi bahan dasar konstruksi atau cor-coran dengan semen, untuk menjadi pasir sandblasting, ternyata kita juga bisa mempelajari Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika. Bagi Anda yang pernah membeli pasir silika dari ADY WATER, hal ini sangat menarik karena harga pasir silika sangatlah murah sehingga cetakan ini bisa menjadi alternatif di manufaktur Anda. Khususnya manufaktur yang sangat bisa mengaplikasikan cetakan dari pasir silika ini adalah manufaktur otomotif, manufaktur elektronik, dan sebagainya yang membutuhkan cetakan dengan tingkat akurasi dan presisi yang sangat tinggi.

Kalau Anda mencari kata kunci "Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika", Anda akan menemukan belum banyak artikel di internet berbahasa Indonesia yang menjelaskan dengan baik. Beruntung bagi Anda menemukan artikel dari ADY WATER ini, perusahaan pen jual pasir silika, zeolit, karbon aktif, membran ro, dan lain-lain yang sudah bertahun-tahun dalam melayani konsumen nya.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika? Cetakan pasir silika atau disebut juga sand casting / sand molded casting adalah proses untuk membentuk logam (metal casting) dengan cara mengecor / menuangkan lelehan logam pada cetakan yang terbuat dari pasir silika dengan rongga-rongga sesuai bentuk yang diinginkan. Kenapa disebut sand casting? Karena cetakannya berasal dari pasir. "sand casting" sendiri bisa juga disebut untuk merujuk pada objek hasil produk dari proses sand casting itu sendiri.

Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika
Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika sehingga bisa memproduksi bentuk alumunium dan tembaga seperti gambar di atas? Baca sampai habis.

Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika?

Karena cetakan ini berasal dari pasir silika yang material nya sangat berlimpah, ongkos cetakan ini sangat murah dibandingkan dengan material lainnya. Banyaknya pen jual pasir silika seperti ADY WATER, distributor pasir silika utama juga akan meyakinkan Anda stock tidak akan habis dan mengakses atau membelinya sangat mudah. Selain itu, pasir silika ini efektif digunakan untuk pengecoran besi karena titik leleh pasir silika sangat tinggi. Sebagai campuan adalah agen pengikat dalam membentuk cetakan, biasanya pasir silika dibasahi dengan air, namun terkadang menggunakan material lain untuk meningkatkan kekuatan dan plastisitas dari tanah liat dan menjadikan bahan cocok sebagai cetakan. Pasir silika biasanya diletakkan di dalam sistem rangka atau kotak cetakan yang disebut flask. Lubang dan rongga cetakan dibuat dengan cara memasukan pasir silika dalam suatu model yang disebut patterns (pola), dengan cara menggali langsung atau menggunakan 3D printing.

6 Tahapan Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika

Ada 6 tahapan dalam Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika, yaitu sebagai berikut:
-Terapkan pola / pattern pada pasir silika untuk membuat cetakan
-Inkorporasikan pola dan pasir silika pada gating system.
-Pindahkan pola.
-Isi ronga-rongga cetakan dengan lelehan logam
-Biarkan lelehan logam mendingin
-Hancurkan cetakan pasir untuk mendapatkan logam yang telah tercetak

Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika
skema Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika
Cetakan yang dibuat dari cetakan pasir yang dibentuk dari pasir yang 'basah' karena mengandung air dan senyawa ikatan organik di atas biasanya disebut clay. Nama "Green Sand" sendiri berasal dari fakta bahwa cetakan pasir belum ditempatkan / di setting, masih dalam kondisi 'hijau' atau belum dituangkan lelehan logam pada cetakan. Green sand bukan berarti pasirnya berwarna hijau. Biasanya, green sand ini terdiri dari komposisi berikut:
silica sand (SiO2), chromite sand (FeCr2O4), or zircon sand (ZrSiO4), 75 to 85%, terkadang dengan proporsi olivine, staurolite, atau graphite.
bentonite (clay), 5 to 11%
water, 2 to 4%
inert sludge 3 to 5%
anthracite (0 to 1%)

Selain untuk membuat cetakan logam, ternyata pasir silika ini juga bisa loh untuk digunakan membuat cetakan kaca? Lihat video di bawah ini.

Jelas, Membuat Cetakan dari Pasir Silika ini dibutuhkan pasir silika murni dengan tingkat kemurnian mencapai 75 hingga 85%, yang sulit didapatkan dari penyedia pasir silika biasa. Beruntung bagi Anda, karena ADY WATER penjual pasir silika dapat memberikan Anda harga pasir silika yang murah untuk pasir silika berkualitas dan memiliki tingkat kemurnian tinggi. Berikut adalah salah satu foto dokumentasi pengiriman pasir silika kami ke area SAMARINDA.
Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika,
Bagaimana Cara Membuat Cetakan dari Pasir Silika, 
Untuk informasi harga jual pasir silika ini, silakan hubungi:
022 723 8019
022 6372 4915
0856 2476 9005
0821 4000 2080 (Fajri)
0821 2742 4060 (Ghani)
0812 2015 1631 (Randi)
0821 2742 3050 (Rusmana)
0812 2165 4304 (Yanuar)
0857 2352 9677 (WA)
0818 0906 4845 (WA)
0813 2259 9149 (WA)
7C232720 (BBM)

e-mail: adywater@gmail.com

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat 11480

Kantor Cabang Bekasi:
Jalan Bintara Jaya Raya No. 3, Bekasi Barat 17136

Kantor Cabang Surabaya:
Jalan Jend. S. Parman Gg. IVA No.8, Waru, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61256