Chat

Ini Dia 5 Manfaat Pasir Kwarsa di Industri!

Ini Dia 5 Manfaat Pasir Kwarsa di Industri!


Tahukah Anda bahwa manfaat pasir kwarsa di industri sangatlah banyak? Bagi Anda yang pernah melihat pasir kwarsa di daerah Lampung atau Bangka, mungkin awalnya Anda tidak melihat manfaat pasir kwarsa tersebut karena ada di pinggiran pantai dan tidak dipergunakan. Tetapi, sesungguhnya penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa manfaat pasir kwarsa di industri sangatlah banyak, sebagai contoh untuk penyaringan tanah, lumpur, dan juga partikel baik kecil maupun besar yang terdapat pada air yang disaring dan biasanya digunakan pada penyaringan tahap awal. Selain sebagai penyaringan air, manfaat pasir kwarsa juga digunakan sebagai bahan dasar/baku keramik, kaca, gelas, bahkan campuran semen, dan lain-lain. Artikel ini akan lebih lanjut merinci bagaimana manfaat pasir kwarsa di industri.

Manfaat Pasir Kwarsa
manfaat pasir kwarsa digunakan salah satu perusahaan di Area Samarinda yang membeli pasir kwarsa ke ADYWATER

Sebelum kita mengetahui 5 manfaat pasir kwarsa, tahukah apa itu pasir kwarsa? Pasir kwarsa atau pasir silika terbentuk secara alami dari suatu mineral yang pada umumnya berasal dari kerak lempang bumi. Struktur yang terdapat pada mineral ini berupa kristal heksagonal yang secara alami terbentuk dari campuran bahan kimiawi di alam seperti silikon dioksida / SiO2 sehingga membentuk silika trigonal terkristalisasi. Pasir kwarsa memiliki skala kekerasan sekitar Mohs 7 dan massa jenis 2,65g/mc3. Pada umumnya Pasir silika atau Pasir Kwarsa memiliki bentuk prisma segi enam dan ujungnya berbentuk seperti piramida yang memiliki 6 segi jika dilihat menggunakan mikroskop.

Sebelum terbentuk menjadi Pasir Kwarsa, ada beberapa komposisi zat yang membantu proses terjadinya pasir kwarsa seperti K2O, MgO, CaO, TiO2, Al2O3, Fe2O3, dan SiO2. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat pasir kwarsa?

Manfaat Pasir Kwarsa ke-1: Filter Air

Pasir kwarsa biasa digunakan sebagai salah satu lapisan dalam sistem filter air karena dapat menyaring kotoran besar dan mengurangi TDS atau TSS air. Pasir kwarsa digunakan untuk filter air mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks, seperti pada video berikut ini:


Manfaat Pasir Kwarsa ke-2: Sandblasting

Sandblasting atau penembakkan pasir kwarsa ke suatu permukaan baik tembok ataupun logam bertujuan untuk membersihkan, menghilangkan coretan, cat, karat, dan kotoran lainnya. Pasir kwarsa yang digunakan tidak terlalu halus ataupun terlalu besar yang dapat menyebabkan kemacetan di selang blasting dan mengurangi keefektifan pasir kwarsa. Jika Anda ingin membeli mesin sandblasting, ADY WATER akan memberikan promo murah untuk Anda.
manfaat pasir kwarsa adalah untuk sandblasting

Manfaat Pasir Kwarsa ke-3: Pembuatan lapangan futsal

Pembuatan lapang futsal sebagai lantai alasnya memanfaatkan pasir kwarsa, baik pasir kwarsa langsung (seperti sepak bola pantai/voli pantai) atau bahan campuran dalam membangun lantai semen.

Manfaat Pasir Kwarsa ke-4: Dalam Industri keramik

Industri keramik menggunakan manfaat pasir kwarsa sebagai campuran bahan dalam pembuatan keramik dalam klin bersuhu sangat tinggi. Hal ini karena, meski tanah liat bahan pembuatan keramik memiliki resistensi panas yang cukup tinggi, dengan dicampur pasir kwarsa, hal ini membantu meningkatkan resistensi panas.

Manfaat Pasir Kwarsa ke-5: Pasir hamster atau kucing

Binatang peliharaan seperti kucing membutuhkan pasir kwarsa sebagai tempat ia membuang kotoran. Khususnya, jika kucing Anda dimasukkan ke dalam rumah. Tentu Anda tidak mau kan jika kucing Anda membuang kotoran di atas kasur atau dokumen penting Anda? Memanfaatkan pasir kwarsa sebagai pasir kotoran kucing adalah pilihan yang tepat karena tidak akan menimbulkan becek dan kucing dapat dengan mudah mengubur kotoran tersebut.

Selama ini ADYWATER telah melayani kebutuhan pasir kwarsa untuk skala rumah tangga hingga industri. Bagi Anda yang berminat membeli pasir kwarsa silakan hubungi:

022-7239019
0812 2165 4304

Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, Kode Pos 11480

Bandung:
Jalan Mande Raya No 26 Cikadut, Cicaheum Bandung
advertise