Promo Karbon Aktif Calgon FiltraSorb 100 SELAMANYA

Click Me!

Apakah Pasir Kwarsa/Kuarsa? Pasir Kwarsa/Kuarsa Adalah ...

Apakah Pasir Kwarsa/Kuarsa? Pasir Kwarsa/kuarsa merupakan salah satu jenis pasir yang pada dasarnya berasal dari erosi atau pengikisan dari batu-batuan dan juga berbagai benda alam lainnya, baik karena air maupun udara. Pasir kwarsa/kuarsa sendiri memiliki bentuk kristal kuarsa atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah "quartz".

Pasir Kwarsa/kuarsa merupakan salah satu jenis pasir yang pada dasarnya berasal dari erosi atau pengikisan dari batu-batuan dan juga berbagai benda alam lainnya, baik karena air maupun udara. Pasir kwarsa/kuarsa sendiri memiliki bentuk kristal kuarsa atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah "quartz".

Pasir kwarsa/kuarsa berwarna putih dan mirip seperti warna semen. Namun, pasir kwarsa/kuarsa tidak bisa melekat apabila tidak dicampur dengan semen. 

Pasir kwarsa/kuarsa sendiri juga sering dikenal dengan nama pasir silica/pasir silika/silica sand.

Berbagai jenis pasir yang ada tentunya memiliki teksur yang berbeda dan juga material dan asal yang berbeda pula. Seperti pada pasir yang berada di pegunungan, pasir ini juga dapat dimanfaatkan untuk hal pembangunan. Contohnya pada manfaat abu vulkanik, manfaat batu granit, dan manfaat belerang yang juga bisa digunakan untuk bahan bangunan.

Pasir ini merupakan jenis pasir yang memiliki struktur heksagonal yang terkristalisasi, dan banyak terdapat di daratan Indonesia. Daerah-daerah di Indonesia yang memilki kandungan pasir kwarsa/kuarsa terbanyak adalah daerah Lampung dan Bangka.

Manfaat dari Pasir Kuarsa

Pasir kwarsa/kuarsa sendiri ternyata memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita. Apa saja manfaat dari pasir kwarsa/kuarsa? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari pasir kuarsa:

1. Sebagai Bahan Pembuatan Kaca
Manfaat pertama dari pasir kwarsa/kuarsa adalah sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan kaca. Kaca yang digunakan saat ini merupakan salah satu pengembangan teknologi dari pemanfaatan pasir kwarsa/kuarsa. Pasir kuarsa akan diolah sedemikian rupa dengan menggunakan banyak alat-alat dan juga teknologi pada pabrik kaca tertentu. Sehingga pada akhirnya pasir kwarsa/kuarsa akan menjadi bahan campuran dalam pembuatan kaca yang berkualitas. Kaca sendiri nantinya akan terbagi menjadi berbagai macam bentuk dan juga jenisnya, sesuai dengan kebutuhan dari pasaran yang ada. Berbagai jenis kaca ini juga sangat bermanfaat sebagai dinding, cermin, dan lainnya. Sebagai contoh pada manfaat cermin datar yang digunakan untuk pembangkit energi surya.

2. Bahan Pembuatan Keramik
Manfaat pasir kwarsa/kuarsa berikutnya adalah selain pembuatan kaca juga untuk pembuatan keramik. Ya, penggunaan dan juga pemanfaatan pasir kwarsa/kuarsa saat ini seringkali digunakan dalam industri keramik, dimana para produsen keramik akan mengolah pasir kwarsa/kuarsa yang ada menjadi bentuk keramik-keramik yang memilki kualitas bagus dan juga mengkilap. Keramik ini nantinya akan dimanfaatkan sebagai hiasan rumah dan penggunaan sebagai lantai rumah. Seperti pada manfaat keramik bekas yang dapat memberikan desain rumah yang lebih menarik, selain itu juga dapat membuat lapangan bisnis baru dengan mengaplikasikan seni pada keramik bekas.

3. Sebagai Bahan Untuk Membuat Filter Air
Manfaat pasir kwarsa/kuarsa yang ketiga adalah sebagai salah satu bahan yang terdapat pada filter air. Dengan campuran bahan-bahan lainnya seperti tawas, maka air yang keruh atau kotor kemudian bisa menjadi lebih bening dan juga menjadi lebih jernih berkat bantuan filter yang menggunakan pasir kwarsa/kuarsa sebagai bahan dasar pembuatannya. Hal ini merupakan salah satu teknologi yang sudah banyak dilakukan oleh pabrik, terutama dalam hal manajemen pengolahan limbah dari suatu pabrik, sehingga limbah yang dihasilkan oleh pabrik tersebut bisa menjadi ramah lingkungan dan juga tidak mencemari lingkungan.

4. Untuk Sand Blasting
Sand blasting merupakan proses penyemprotan atau penembakan pasir kwarsa/kuarsa pada media tertentu untuk berbagai keperluan. Biasanya sand blasting pada dunia industri digunakan unuk membantu menghilangkan karat dan kerak pada logam dan metal. Sand blasting ini menggunakan pasir kwarsa/kuarsa yang disemprotkan pada bagian logam dan metal yang berkerak dan berkarat. Dengan menggunakan metode sand blasting ini, maka kerak dan karat pada bagian metal tersebut akan hilang, dan logam akan menjadi lebih bersih.

5. Untuk Bahan Tambahan pada Cor dan Bahan Konstruksi
Manfaat pasir kwarsa/kuarsa yang berikutnya adalah sebagai salah satu bahan dasar dari cor-coran dan beton. Pasir kwarsa/kuarsa dimasukkan ke dalam campuran semen dan kerikil, kemudian diaduk secara terus-menerus. Setelah pasir kwarsa/kuarsa dimasukkan dan juga diaduk secara terus-menerus, maka adonan beton akan siap untuk kemudian dimasukkan dalam cetakkan. Pasir kwarsa/kuarsa dalam adonan beton ini bermanfaat untuk membantu mengikat semen agar menjadi lebih keras dan memiliki kontruksi beton serta cor-coran yang kuat. Nantinya akan membuat bangunan rumah juga semakin kokoh, seperti pada manfaat pondasi rumah yang diharuskan memilih bahan bangunan berkualitas agar rumah kokoh lebih lama.

6. Bahan Baku Pembuatan Semen
Selain digunakan untuk bahan campuran cor coran juga betonan, pasir kwarsa/kuarsa juga memiliki manfaat yang sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan semen atau mortar siap pakai. Biasanya, pasir kwarsa/kuarsa akan diolah sedemikian rupa, sehingga pasir kwarsa/kuarsa akan keluar dalam bentuk semen siap pakai, yang pastinya akan sangat bermanfaat dalam dunia konstruksi dan dunia bangunan. Hal ini membuktikan bahwa manfaat semen juga dapat dihasilkan dari hasil bumi pasir kwarsa/kuarsa. Semen juga dapat ditemukan pada manfaat dolomit yang berguna untuk lantai di berbagai tempat umum yang memilki tekstur yang berbeda dari bangunan lainnya.

7. Pembuatan Bahan Genteng Logam atau Metal
Pasir kwarsa/kuarsa juga memiliki manfaat lainnya yang tak kalah penting. Manfaat pasir kwarsa/kuarsa lainnya adalah untuk bahan campuran dari genteng metal atau logam. Biasanya, pasir kwarsa/kuarsa yang dicampur dalam bahan pembuatan genteng metal atau logam ini berfungsi untuk membantu meredam suara yang muncul ketika genteng logam atau metal tersebut terkena rintik-rintik hujan. Dengan adanya pasir kwarsa/kuarsa, maka suara yang muncul ketika terjadi rintik-rintik hujan tidak akan mengganggu. Genteng yang terbuat dari tanah ini dapat membuat rumah tidak akan terlalu panas. Inilah manfaat tanah yang cukup baik untuk bangunan yang nyaman.

8. Pengecoran Logam
Selain menjadi bahan pegecoran pada konstruksi beton dan pembuatan semen serta kaca, pasir kwarsa/kuarsa juga memiliki manfaat lainnya, dalam bidang industri, yaitu bidang industri logam. Pasir kwarsa/kuarsa sangat bermanfaat untuk membantu proses pengecoran konstruksi logam. Dengan menggunakan bahan tambahan pasir kwarsa/kuarsa, maka pengecoran logam akan menjadi lebih baik, kuat dan juga berkualitas tinggi.

Itulah beberapa manfaat dari pasir kwarsa/kuarsa. Pasir kwarsa/kuarsa merupakan salah satu bahan dasar yang paling bermanfaat untuk kepentingan industri, sehingga keberadaannya perlu dilestarikan.

Pasir kwarsa/kuarsa adalah bahan galian yang terdiri atas kristal-kristal silika (SiO2) dan mengandung senyawa pengotor yang terbawa selama proses pengendapan. Pasir kwarsa/kuarsa juga dikenal dengan nama pasir putih merupakan hasil pelapukan batuan yang mengandung mineral utama, seperti kuarsa dan feldspar. Hasil pelapukan kemudian tercuci dan terbawa oleh air atau angin yang terendapkan di tepi-tepi sungai, danau, atau laut.

Pasir kwarsa/kuarsa mempunyai komposisi gabungan dari SiO2, Fe2O3, Al2O3, TiO2, CaO, MgO, dan K2O, berwarna putih bening atau warna lain bergantung pada senyawa pengotornya, kekerasan 7 (skala Mohs), berat jenis 2,65, titik lebur 17150C, bentuk kristal hexagonal, panas sfesifik 0,185, dan konduktivitas panas 12 – 1000C.

Dalam kegiatan industri, penggunaan pasir kwarsa/kuarsa sudah berkembang meluas, baik langsung sebagai bahan baku utama maupun bahan ikutan. Sebagai bahan baku utama, misalnya digunakan dalam industri gelas kaca, semen, tegel, mosaik keramik, bahan baku fero silikon, silikon carbide bahan abrasit (ampelas dan sand blasting). Sedangkan sebagai bahan ikutan, misal dalam industri cor, industri perminyakan dan pertambangan, bata tahan api (refraktori), dan lain sebagainya.

Cadangan pasir kwarsa/kuarsa terbesar terdapat di Sumatera Barat, potensi lain terdapat di Kalimantan Barat, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Pulau Bangka dan Belitung, serta Lampung.

Sering kita mendengar istilah "Pasir Kwarsa atau Pasir Kuarsa" yaitu seperti pasir bangunan tetapi warnanya cenderung lebih atau mendekati putih. 

Pasir kwarsa/kuarsa sangat dikenal baik dari bentuk, karakteristik, kegunaan, lokasi dan lainnya. Namun satu hal yang masih belum banyak orang tahu bahwa pasir kwarsa/kuarsa (menurut beberapa ilmuwan & literatur) berasal dari bebatuan yang mengalami proses pengikisan (erosi) selama jutaan tahun lalu. Erosi ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti hujan, angin, air atau es, binatang atau dikenal dengan istilah “bio erosi”, atau material lainnya berkaitan dengan gravitasi. Faktor-faktor tersebut adalah berdasarkan hasil penelitian dan analisa manusia.

Sering kami menerima pertanyaan tentang perbedaan antara pasir Kwarsa/Kuarsa dengan Pasir Silika.

Jika kita telaah dari kandungan kimia yang ada dalam pasir kwarsa/kuarsa maka terdapat suatu kandungan yang dinamakan “Silika” yang merupakan suatu kata yang diambil dari nama senyawa kimia Silicon Dioxide atau Silika Dioksida (SiO2). Senyawa kimia ini mempunyai bentuk seperti kristal transparan, cenderung berwarna keputihan dan memiliki tingkat kekerasan dan titik lebur yang cukup tinggi. Atas dasar kandungan SiO2 inilah maka orang sering menyebutnya sebagai Pasir Silika. Bahkan pasir yang memiliki warna putih juga sering dikatakan orang sebagai Pasir Silika. Semakin tinggi kandungan SiO2 maka warna pasir akan semakin putih karena semakin banyaknya volume satuan kristal dan juga adanya bias cahaya dari kristal tersebut.

Pasir kwarsa/kuarsa memiliki komposisi gabungan dari:
SiO2
Fe2O3
Al2O3
TiO2
CaO
MgO
dan K2O

Berikut ini kandungan pasir kwarsa/kuarsa menurut Analisis Laboratorium Sucofindo:

Chemical                        Chemical                        Typical %,
Name                              Formula                       By Weight  
                  
Silicon Dioxide                SiO2                               98.21         
Iron Oxide                      Fe2O3                             0.42           
Aluminum Oxide            Al2O3                              0.32
Calcium Oxide                CaO                                < 0.01
Magnesium Oxide           MgO                               < 0.01
Manganese Dioxide         MnO2                             < 0.01
Chromium Trioxide         Cr2O3                            0.06
Sodium Oxide                 Na2O                             0.13
Potassium Oxide             K2O                               0.07
Titanium Oxide               TiO2                              0.01               Loss on Ignition              LOI                                0.48

Moisture Content            MC                                0.02

Demikian artikel mengenai pasir kwarsa/kuarsa. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Terima kasih.


Untuk info dan pemesanan hubungi:

022 723 8019
0856 2476 9005
0821 4000 2080 (Fajri)
0821 2742 4060 (Ghani)
0812 2015 1631 (Randi)
0821 2742 3050 (Rusmana)
0812 2165 4304 (Yanuar)
0857 2352 9677 (WA)
0818 0906 4845 (WA)
0813 2259 9149 (WA)
7C232720 (BBM)

e-mail:

adywater@gmail.com

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194


Kantor Cabang Jakarta:

Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Bekasi:
Jalan Bintara Jayaraya No. 3 Bekasi Barat

Kantor Cabang Surabaya:
Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo (Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo

Our Official Websites:
www.adywater.com
www.alatlab.org
www.alatdometer.com
www.bodcodmeter.com
www.conductivitymeter.net
www.karbonaktif.org
www.membranro.com
www.pasirsilika.com
www.pasirkuarsa.org