Promo Karbon Aktif Calgon FiltraSorb 100 SELAMANYA

Click Me!

PRINSIP KERJA ALAT DO DISSOLVED OXYGEN METER | ADY WATER | 0856 2476 9005 | HARGA ,JUAL, ALAT UKUR, DO ,DISSOLVED OXYGEN , METER, YSI, LUTRON, MURAH, DIGITAL

PRINSIP KERJA ALAT DO DISSOLVED OXYGEN METER ADALAH

Alat Ukur Do meter memiliki  beberapa komponen utama seperti pada gambar di bawah ini. Kita melihat ada dua elektrode utama dimana komponen  masing-masing memiliki posisi sebagai katode dan anode. Batang katode terbuat dari logam mulia seperti emas atau platina. Sedangkan batang anode terbuat dari bahan perak. Kedua elektrode ini dikelilingi cairan elektrolit KCl dengan pH netral. Permukaan elektrode perak akan membuat senyawa AgCl yang sifatnya stabil, dan membuat elektrode ini memiliki beda potensial yang tetap. Oleh karena itu anode pada DO meter ini berfungsi sebagai elektrode referensi.
      Ag + Cl– → AgCl + e–


prinsip kerja do dissolved oxygen  meter

Larutan KCl menutupi kedua elektrode DO dissolved oxygen meter dengan sebuah wadah kedap yang pada bagian ujung adalah berupa komponen penting lainnya yaitu membran teflon. Membran ini hanya bisa dilewati oleh gas terlarut yang ada di dalam cairan terukur. Ia tidak akan bisa dilewati oleh material lain termasuk ion, senyawa lain, dan tentu saja padatan pengotor.

Prinsip kerja DO meter adalah berdasarkan fenomena polarografi yang terjadi di antara dua elektrode katode dan anode. Tegangan listrik negatif diberikan kepada elektrode katode. Adanya tegangan negatif ini akan mengakibatkan reaksi kimia terjadi secara cepat antara air dengan oksigen terlarut pada permukaan katode. Berikut adalah reaksi kimia yang terjadi pada elektrode katode:

      O2 + 2H2O + 2e– → H2O2 + OH–
      H2O2 + 2e– → 2OH–

Tegangan listrik akan terus naik sampai mencapai nilai jenuhnya, yang setara dengan sudah bereaksinya seluruh oksigen terlarut pada permukaan elektrode katode. Tegangan listrik jenuh ini ditandai dengan hampir naiknya pembacaan arus listrik, setelah beberapa saat diam di satu nilai meskipun nilai tegangan dinaikkan. Setelah melewati nilai tegangan jenuh ini, arus listrik terus naik jika tegangan terus ditambah. Naiknya nilai arus ini terjadi karena reaksi kimia lain telah terjadi, terutama adalah reaksi pecahnya molekul air H2O menjadi ion H+ dan OH–.

kalibrasi do dissolved oxygen meter



Hasil pengukuran yang tampil di alat do meter berupa nilai oksigen terlarut didapatkan dari nilai arus listrik pada saat semua oksigen terdifusi pada permukaan elektrode katode. Dengan kata lain, arus listrik yang terbaca pada saat sistem mencapai tegangan jenuh, setara dengan besaran oksigen terlarut. Dengan menggunakan metode kalibrasi linier seperti kurva di atas, didapatkan nilai oksigen terlarut yang dicari.

Arus listrik yang kita bahas di atas tidak secara langsung merepresentasikan besarnya kandungan oksigen terlarut yang kita ukur. Sebab, oksigen yang bereaksi pada permukaan elektrode katode adalah oksigen yang telah menembus membran teflon pada ujung sensor DO meter. Masuknya oksigen terlarut menembus membran ini adalah karena adanya tekanan parsial yang dimiliki oksigen terlarut, didukung dengan tegangan listrik negatif pada elektrode katode. Sehingga DO meter sebenarnya adalah mengukur tekanan oksigen yang mengalir ke dalam membran. Semakin banyak kandungan oksigen di dalam larutan, akan semakin besar tegangan parsial oksigen, sehingga akan semakin banyak jumlah oksigen yang akan menembus membran teflon sensor DO meter. Semakin banyaknya oksigen yang masuk ke dalam membran, maka pembacaan arus listrik pada rangkaian sistem DO meter menjadi semakin tinggi.

Referensi:

2) http://   artikel-teknologi (.)  com/prinsip-kerja-do-meter/

NB : Untuk info dan pemesanan hubungi :


022-7239019 |  0821 4000 2080 |   0856 2476 9005  |   0857 2352 9677  |   0813 2259 9149 | Pin BB: 29d2de88|                32dbbfb0


e-Mail:

adywater@gmail.com


Kantor :
Surabaya :

Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo  ( Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo ) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo


Jakarta:

Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT: 01 Rw: 08 Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah. Jakarta Barat Kode Pos: 11480


Bandung:

Jalan Mande Raya No 26, Cikadut, Cicaheum Kota Bandung


Bekasi :

Jalan Bintara Jaya raya No. 3 Bekasi Barat


PRINSIP KERJA ALAT DO METER, PRINSIP KERJA DISSOLVED OXYGEN METER, HARGA DO METER, JUAL DO METER,hARGA ALAT UKUR DO METER DIGITAL,  HARGA DO METER YSI, JUAL DO METER LUTRON, jual do meter lutron,