Promo Karbon Aktif Calgon FiltraSorb 100 SELAMANYA

Click Me!

nilai dari TSS meter , TDS meter , TS meter itu untuk apa dalam kualitas air ?

jual tss meter, jual tds meter, 


Total padatan (total solids) ialah semua bahan yang terdapat dalam contoh air setelah dipanaskan pada suhu 103°-105°C sekitar 1 jam. Bahan ini tertinggal sebagai residu melalui proses evaporasi. Total solid pada air terdiri dari total padatan terlarut (total dissolved solids) dan total zat padat tersuspensi total  suspended solids).

Total padatan terlarut  (TDS) adalah semua bahan dalam contoh air yang lolos melalui saringan membran yang berpori 2,0 m atau lebih kecil dan dipanaskan 180°C selama 1 jam. Total dissolved solids yang terkandung di dalam air biasanya berkisar antara 20 sampai 1000 mg/L. Tidak seperti pengukuran total solids yang dikeringkan dengan suhu 103 sampai 105°C, analisis total dissolved solidsmenggunakan suhu 180°C. Digunakan suhu yang lebih tinggi agar air yang tersumbat dapat dihilangkan secara mekanis.

Sumber utama untuk TDS dalam perairan adalah limpahan dari pertanian,limbah rumah tangga, dan industri. Unsur kimia yang paling umum adalah kalsium, fosfat, nitrat, natrium, kalium dan klorida.Bahan kimia dapat berupa kation, anion, molekul atau aglomerasi dari ribuan molekul.Kandungan TDS yang berbahaya adalah pestisida yang timbul dari aliran permukaan. Beberapa padatan total terlarut alami berasal dari pelapukan dan pelarutan batu dan tanah. Standar kualitas air minum yang telah ditentukan oleh Amerika Serikat sebesar 500 mg / l.
(Hartanto, 2004).

Sedangkan total zat padat tersuspensi (TSS) adalah residu dari padatan total yang tertahan oleh saringan dengan ukuran partikel maksimal 2,0 m atau lebih besar dari ukuran partikel koloid. Total suspended solids dapat berupa komponen hidup (biotik) seperti fitoplankton, zooplankton, bakteri, fungi, ataupun komponen mati (abiotik) seperti detritus dan partikel-partikel anorganik. Zat padat tersuspensi merupakan tempat berlangsungnya reaksi-reaksi kimia yang heterogen, dan berfungsi sebagai bahan pembentuk endapan yang paling awal dan dapat menghalangikemampuan produksi zat organik di suatu perairan. Penetrasi cahaya matahari ke permukaan dan bagian yang lebih dalam tidak berlangsung efektif akibat terhalang oleh zat padat tersuspensi, sehingga fotosintesis tidak berlangsung sempurna.

TSS berhubungan erat dengan erosi tanah dan erosi dari saluran sungai.TSS sangat bervariasi, mulai kurang dari 5 mg.L-1 yang yang paling ekstrem 30.000 mg.L-1 di beberapa sungai.TSS tidak hanya menjadi ukuran penting erosi di alur sungai, juga berhubungan erat dengan transportasi melalui sistem sungai nutrisi (terutama fosfor), logam, dan berbagai bahan kimia industri dan pertanian.
(Tony Bird, 1987).

Selain total dissolved solids dan total suspended solids, juga terdapat volatile suspended solids. Zat tersuspensi mudah menguap (volatile suspended solids) adalah jumlah padatan yang menguap dari TSS yang sudah dipanaskan pada suhu 550°C. Digunakan suhu 550°C karena pada suhu tersebut dekomposisi garam-garam anorganik paling minimal. Kehilangan massa melalui oksidasi suhu tinggi dan penguapan ditafsirkan sebagai materi organik. Materi organik yang disebut volatile organik ini dapat mudah dibersihkan dari larutan dengan aerasi sederhana pada suhu kamar.Organik yang mudah menguap seperti itu tidak diukur oleh uji padatan karena mereka hilang selama penguapan awal dan fase pengeringan. 

Pemanfaatan data Solid ini dalam bidang Teknik Lingkungan adalah untuk menentukan desain dari komponen-komponen dalam unit pengolahan air  bersih/minum maupun unit pengolahan air kotor/buangan/limbah. 

Adapun secara terperinci, adalah sebagi berikut :

1.      Total Solid merupakan ukuran penentu dalam proses stabilisasi pH dan pada kontrol korosi, sebagaimana alkalinitas dan suhu,

2.      Konsentrasi Total Suspended Solid merupakan salah satu parameter perairan untuk indikator tingkat sedimentasi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui besarnyakonsentrasi Total Suspended Solid di perairan sehingga dapat diketahui kondisi perairan dan sebagai informasi awal untuk penelitian terkait stabilitas di perairantersebut. 

Metode ini menggunakan contoh air dan dianalisa berat TSS dengan didukung data parameter hidro oseanografi dan sedimen (Siswanto, 2004; Sulistyorini, 2004). Pendekatan ini dapat menggambarkan sebaran konsentrasi Total Suspended Solid dan perkiraan laju sedimentasi yang terjadi pada lokasi perairan. Sehinggadiduga dapat diperkirakan laju sedimentasi yang terjadi,

3.      Total Suspended Solid juga merupakan tempat berlangsungnya reaksi-reaksi kimia yang heterogen, dan berfungsi sebagai bahan pembentuk endapan yang paling awal dan dapat menghalangi kemampuan produksi zat organik di suatu perairan (Tarigan etal, 2003),

4.      Total Suspended Solid dan Volatile Suspended Solid digunakan untuk mengevaluasi kekuatan dari limbah industri dan domestic,

5.      Total Suspended Solid dan Volatile Suspended Solid digunakan untuk mengontrol padatan biologis pada pencemaran sungai,

6.      Total Dissolve Solid sangat berguna dalam menentukan tipe prosedur softening pada unit water softening yang akan didesain. Selain itu Total Dissolve Solid juga umum digunakan adalah untuk mengukur kualitas cairan biasanya untuk pengairan, pemeliharaan aquarium, kolam renang, proses kimia, pembuatan air mineral, dan lain-lain. Setidaknya, kita dapat mengetahui air minum mana yang baik dikonsumsi.7.Data solid secara umum, digunakan dalam menganalisa limbah industri yaitu untuk menentukan kebutuhan dan juga desain tangki pengendapan utama. Dalam pengolahan limbah, data ini dipakai dalam mengukur tingkat efisiensi dari unitsedimentasi dan unit pengolahan lainnya. Tak hanya itu, data solid diperlukan dalammendesain dan mengoperasikan unit pengolahan lumpur, vaccum filter, dan unit pembakaran.